Subscribe:

Kamis, 24 November 2011

KALIAN AKAN TETAP AKU PERJUANGKAN

Hari ini aku pulang kuliah sore karena ada responsi metode statistika sampai jam 5. Pusing rasanya kepala ini karena tidak istirahat seharian. Tidak istirahat? Sepertinya memang setiap hari seperti itu. Ya...sejak di departemen, aku selalu lebih senang berada di kampus meskipun ada jeda waktu yang cukup panjang, aku memilih meluangkan waktuku di kampus daripada pulang ke kontrakan. Sebab kalau aku pulang, yang pasti akan aku lakukan adalah TIDUR. Daripada aku hanya berleha-leha dan tidur, lebih baik aku habiskan waktuku di kampus saja, biasanya aku lebih suka ngenet di kampus sampai tiba waktu kuliah lagi. Lumayan...up date info :D.
Sesudah pulang responsi metstat (metode statistika), aku ada janji bertemu dengan mbak Ita buat ngasih uang. Bayar utang? Oh...tidak juga... aku harus ngasih uang sisa dari kegiatan PEGAS (salah satu acara dari FORMASI). FORMASI? hmm,,,nanti aku jelasin apa itu FORMASI lebih jelas and lebih detail di lain waktu -insyaAllah-. Setelah ngasih uang dan semua nota pembelian, aku pun pulang menuju kontrakan. Karena harus bertemu dulu dengan mbak Ita, semakin malam lah aku pulang.
 
Tiba di kontrakan aku melihat ada adekku dan temanku sedang nonton acara infotaiment tentang pernikahan anak presiden RI dan anak menteri –yup...benar sekali...pernikahan ibas yudhoyono dengan aliya rajasa-, pernikahannya mewah dan menjadi berita utama dalam acara tersebut. Aku melihat sejenak acara tersebut lalu terus menuju kamar, tiba di kamar aku ingat sesuatu. Oh ia...sekarang kan pengumpulan terakhir form penilaian untuk anggota muda FORCES IX.
FORCES adalah kepanjangan dari Forum for Scientific Studies. Ini adalah salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di IPB yang bergerak dalam bidang keilmiahan. Aku adalah salah satu pengurus di dalamnya di bagian kominfo atau komunikasi dan informasi. Untuk tahun ini, Forces melakukan open reqruitment lagi untuk anak-anak angkatan 48 IPB dan akan menjadi angkatan IX di forces (aku angkatan VIII di FORCES). Proses OR untuk tahun ini memang agak beda dari OR sebelumnya, sebab anak-anak yang telah lolos tahap wawancara belum resmi menjadi anggota FORCES, tak seperti pada angkatanku dulu. Mereka masih berstatus sebagai anggota muda yang masih harus diseleksi lagi untuk menjadi anggota FORCES. Proses seleksinya dengan cara membagi mereka ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang, 3 orang calon forces IX dan satu orang dari forces VIII. Satu orang ini bertugas sebagai pendamping mereka dalam pembuatan karya ilmiah yang harus dipresentasikan pada acara best and rise FORCES. Selama pendampingan, pendamping harus menilai keaktifan, kekretivitasan, semangat, dan kriteria  lainnya yang nantinya akan menjadi pertimbangan apakah calon anggota forces IX ini diterima tau tidak menjadi anggota forces IX.
Aku terpilih menjadi pendamping untuk kelompok 32. Anggotanya adalah Putra dan Ulfa, keduanya angkatan 48. Ada sih satu lagi angkatan 47, namanya Rizky, tapi dia mengundurkan diri. Nah...dua anak 48 anggota kelompokku ini sangat bersemangat mengikuti rangkaian OR FORCES. Aku seneng baget mendampingi mereka. Meraka juga kreatif, terbukti dengan ide-ide yang mereka ajukan untuk karya tulis yang akan kami buat. Selain itu, mereka orang yang sangat santun pada kakak kelas (bukan berarti aku ingin dihormati lho...) tapi...mereka bener-bener sangat sopan. Aku juga senang sekali berdiskusi dengan mereka, sebab mereka dapat memberikan semangat baru, semangat yang dimliki mahasiswa baru yang baru memasuki dunia baru.
Aku sangat merasa bersalah karena aku lupa mengumpulkan form penilaian tentang mereka ke sekret forces. Padahal, kemaren pas pembuatan karya ilmiah dan pembuatan slide presentasi, aku juga tidak membantu mereka. Aku hanya menyumbangkan ide awal, memberi contoh panduan PKM 2011, dan memberi contoh slide presentasi. Selain itu, juga sempat membantu menjawab pertanyaan juri ketika presentasi. Tapi itu kan dikit banget... aku kasihan pada mereka. Mereka mengerjakan semuanya berdua mulai dari pembuatan karya tulis sampai pembuatan slide presentasi.
Oleh karena itu, setelah selesai mandi dan makan aku bergegas untuk pergi ke sekret forces dan akan mengumpulkan form penilaian itu. Tapi...pas aku mau berangkat, tiba-tiba turun hujan deres banget dan diikuti petir keras khas petir Dramaga, Bogor (sekedar info...daerah dramaga Bogor adalah daerah yang memilki intensitas petir terbesar di dunia) pantesan, Bogor disebut juga kota petir. Karena hujan diikuti petir yang keras itulah aku tidak berani berangkat ke sekret forces. Aku memilih menunggu hujan dan petir reda dulu. Aku tungguin....tungguin...hujannya belum reda juga, bukan Cuma itu, petirnya pun semakin menjadi-jadi. Sampai sekitar jam setengah sembilan malam, tetap aja ga reda. Wah...sepertinya tak mungkin aku ke sekret malam ini. Sebab student centre (SC) tutup jam 9 malam, sekret forces ada di  dalam SC tersebut.
Jadi aku putuskan untuk tidak pergi ke SC, aku memilih di kontrakan saja. Tapi...bagaimana dengan form penilaiannya???. Pokonya aku mau, 2 orang anggota kelompokku ini akan aku perjuangkan agar tetap diterima sebagai anggota forces IX. Sebab aku tau, mereka memang berhak dan layak untuk diterima. So...sebagai gantinya, aku mencoba mengirim sms kepada salah satu anggota forces VIII yang bertanggung jawab dalam proses OR forces IX, namanya Afif.
afif, hujannya deres banget. Aku udah siap dari tadi, tapi ga bisa ke SC sekarang. Kalo ngasih formnya besok aja gimana?
Kurang lebih begitulah sms yang aku kirim ke Afif, lalu Afif menjawab
udah dirapatkan dari tadi, datanya mau diproses oleh BPH
Melihat jawaban seperti itu, aku menerka bahwa pengumpulan form udah bener-bener telat. Duh...gimana nih, kasihan banget adek2ku itu. Lalu aku sms lagi ke Afif
Afif...maaf aku ga bisa ke SC. Tapi aku bener-bener mau ngasih hasil penilaianku kepada PUTRA A.P dan ULFA SYARIFAH. Mereka berhak dan bener2 aku rekomendasikan untuk diterima di FORCES. Soalnya mereka bersemangat dan memenuhi syarat
Itulah sms yang aku kirim ke Afif untuk memperjuangkan meraka dengan tujuan agar Afif dan para BPH dapat mempertimbangkan 2 orang adek2ku ini untuk diterima menjadi anggota FORCES IX. Amin...

*untuk Putra dan Ulfa: maafin aku atas kelalaianku ini ya dek...kalau aku bisa berdiskusi langsung dengan para penanggung jawab OR FORCES IX, kalian tetap akan aku perjuangkan agar diterima di FORCES. Semangat....

Di kamar, menunggu redanya hujan ( Benar-benar kota hujan).

0 komentar:

Posting Komentar