Subscribe:

Kamis, 29 Maret 2012

struggle to UNAIR

PART (FINAL)
aku, Dita, n Ulfi sampai di st.jakarta kota dengan perasaan bercampur aduk (ya ia lah...tiketnya uda habis). ketika sampai di sana, kami langsung bertemu dengan utari dkk. mereka telah memegang tiket kereta bisnis terakhir tujuan Surabaya. ternyata, pada saat itu telah berlaku peraturan baru untuk kereta ekonomi (tidak ada tiket berdiri, dan tiket kereta ekonomi bisa  dipesan seminggu sebelumnya). yah...nyesel deh kenapa ga up date info dari kemaren (penyesalan memang datangnya selau di akhir ya... *huft)

"duh...kalian gmana nih...tiketnya udah habis tadi" dengan perasaan penuh simpati, utari menunjukkan rasa khawatirnya.

aku dan teman-temanku hanya bisa diam karena kami bingung. lalu Dani salah satu anggota kelompok utari nyeletuk

"eh...gimana kalo kalian naik tanpa tiket aja,,,nanti pas diperiksa pasang muka melas aja sama petugasnya...kita kan cewe, pasti bapaknya ga tega"

hm,,,bener juga. tapi tiba-tiba kami mendapatkan info bahwa penumpang yang naik tanpa tiket akan diturunkan dari kereta secara paksa (ih,,,seren juga kao gitu mah...)

"ah...ga ah...kalo kami diturunin di tempat yang tidak kami kenal gmana? ngaco aja kamu dan"aku tidak menyetujui ide konyol Dani

lalu, Ulfi yang telah putus asa menyarankan agar kami naik kereta eksekutif. sebenarnya kau sih mau-mau aja, tapi masalahnya aku ga bawa uang yang cukup. ke Surabaya ini aja pas-pasan buat naik kereta ekonomi, apalagi naik kereta ksekutif yang harganya bisa sampe 10 kali lipat kereta ekonomi. lalu, dengan pertimbangan yang matang (ce'ileh..) aku memutuskan untuk naik kereta eksekutif setelah aku menelpon Mbakku di Surabaya untuk mentransfer uang untukku (untunglah mbakku baik,,,hehehe). lalu salah satu dari kami ke loket pembelian tiket, tapi ternyata... hal yang kami takutkan terjadi kembali,,,tiket eksekutif juga udah habis,,, (tidak...). haduh,,,harus gimana lagi yah??? bingung... dengan perasaan penuh kebingungan, aku menelpon ibuku, tapi bukan menyelesaikan masalah malah makin memperumit masalah. ibuku memarahiku karena keteledoran dan ketidak teraturanku. beliau memang telah berkali-kali menasehatiku agar jangan teledor, tapi tetap aja aku seperti biasa lupa akan nasehat itu... ya udah terima aja dimarahi. ibuku sangat kaget dan khawatir ketika aku bercerita bahwa kami kehabisan tiket ke Surabaya. yang paling membuat beliau kepikiran adalah karena kami adalah perempuan, jadi takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kami (yah..begitulah orang tua pada anaknya...). untuk meminimalisir kekhawatiran ibuku aku bilang saja kalau masih ada tiket susulan (padahal boong,,,hehehe).

"ia,,,ia...bu...tenang aja...masih ada tiket kok,,ga usah kepikiran" dengan suara enteng aku bilang begitu pada ibuku

"kamu tuh,,,selalu kayak gini,...kebiasaan menganggap enteng setiap sesuatu...kalo udah kayak gini gmana? inget...kamu itu perempuan,,,harus hati-hati...bla...bla..."

seperti itulah kira-kira cuplikan percakapanku dengan ibuku. nah...setelah beberapa saat berdiskusi dengan teman-teman, ada pengumuman bahwa kereta bisnis jurusan Surabaya akan segera berangkat, itu artinya Utari dkk akan berangkat (hiks... ). Utari dkk lalu berpamitan untuk berangkat, dengan perasaan sedih, kami berpisah (udah kayak film india aja,,,hehe). setelah mereka pergi, kami mendapat info bahwa ada tiket kereta jurusan kroya (kalau tidak salah terletak di jawa tengah) yang dibuka, tanpa basa-basi kami pun membeli tiket itu, sebab kami pikir kami bisa melanjutkan perjalanan dari jateng ke Surabaya. Alhamdulillah dapet tiketnya (Dita yang ngantri...:D)kereta ini baru berangkat jam 9 malam, jadi kami putuskan untuk makan dulu.
setelah kereta datang, kamipun naik di salah satu gerbong. di tempat duduk, kami tak henti-hentinya merasa was-was apakah kami bisa sampai tepat waktu apa tidak sebab berdasarkan perhitungan kami, seharusnya kami sampai di sana sehari sebelum presentasi karena kami harus mengikuti rangkaian acara sehari sebelumnya untuk technical meeting dsb. ya sudah,,,tak apa-apalah, yang penting bisa presentasi nanti (tetap semangat :D). selama di kereta kami menyempatkan menyempurnakan slide yang masih belum kelar 100%, setelah slide selesai kami pun latihan presentasi selama di kereta. kami berencana turun di Bandung karena petugas menyarankan begitu, sebab dari stasiun Bandung akan banyak kereta yang ke Surabaya (oke...kami ikuti saja...)tapi, penumpang lain mengatakan turun di st.kiara condong aja biasanya juga ada kereta yang ke Surabaya (waduh...kami jadi bingung nih...) kami meilih mengikuti petugas. kami tiba di stasiun Bandung jam 01.00 dini hari. keadaan st.Bandung begitu sepi dan menyeramkan, apalagi kami adalah perempuan semua (menakutkan banget lah pokoknya...hi,,,)
petugas stasiun tidak mengizinkan kami berada di dalam stasiun, harus duduk di luar katanya. loket tiket baru dibuka jam 7  pagi (huft,,,masih lama banget nunggunya). aku dkk menunggu di luar da berniat untuk tidak tidur, tapi tetap aja tidak tahan. akhirnya kami pun tidur di kursi stasiun 









ini aku yang sedang tidur di kursi stasiun *Dita as photographer

ini Ulfi di tempat duduk yang lain di st. Bandung

aku dan Ulfi termasuk orang yang tak tahan menahan rasa kantuk, jadi kami tetap bisa tidur dalam keadaan apapun (hee,,,tapi Ulfi lebih parah :D). sedangkan Dita tidak bisa tidur karena rasa takutnya mengalahkan rasa ngantuknya. sebelum kami tidur, kami sempat berbincang-bincang dengan petugas dan menanyakan harga tiket kereta. petugas menjelaskan bahwa di st.Bandung tsb hanya ada kereta bisnis dan eksekutif, tidak ada kereta Ekonomi, beliau juga menambahkan bahwa daftar harga tiket bisa diliat di depan. kami pun melihat daftar tersebut, harga per tiket kira 250.000an (lupa tepatnya berapa...) karena uang kami kurang, akhirnya Ulfi mengambil uang di ATM. ketika menjelang pagi, aku dibangunkan secara mendadak oleh Dita n Ulfi, mereka terlihat sangat cemas. ternyata, semalam kami tidak membaca bahwa ada pengumuman tambahan bahwa harga tiket naik menjadi 400.000 per tanggal 1 Oktober 2011, aku lupa bahwa hari itu telah masuk tanggal 1 Oktober (tidakkk...). Ulfi terlihat sangat putus asa, begitu pula aku. sebab uang kami tidak mungkin cukup jika harga tiket semahal itu.

"kita balik aja ke Bogor yuk,,,ga usah presentasi ke UNAIR" dengan nada hampir menangis Ulfi berkata seperti itu

"balik??? jangan Ul...masa kamu rela perjuangan kita sudah sampai segini kamu udah mau menyerah...ayo,,,yakin kita pasti bisa, perjuangkan karya tulis kita" aku dan Dita berusaha meyakinkan Ulfi

aku pun langsung bertanya pada petugas apakah ada stasiun lain di dekat stasiun ini yang kira-kira dijual tiket kereta ekonomi jur.Surabaya. alhamdulillah ternyata ada, tapi harus naik angkot 2 kali. yah,,,padahal kami belum pernah ke Bandung sebelumnya, jadi kami tidak tau lingkungan di sini. akhirnya untuk mengefisienkan waktu, kami memutuskan untuk nauk taksi saja. kami pun menuju st.kiara condong (seperti instruksi petugas st.Bandung). Allah memang benar-benar sayang kami,,,tiket kereta ekonomi ke surabaya masih ada...kami pun berangkat ke Surabaya :D ternyata Bandung -Surabaya lebih jauh daripada Jakarta-Surabaya (ya ia lah....)
setelah berjam-jam di kereta sampe badan pegal linu semua, akhirnya kami sampai di stasiun Gubeng Surabaya pada tengah malam kira-kira jam 00.00. kami dijemput memakai mobil oleh anak-anak mahasiswa UNAIR panitia dari AIC 2011. mereka sangat baik, yah,,,meskipun mereka sempat mengejek kami karena kami sangat lama di perjalanan, ditambah lagi datangnya tengah malam gini, benar-benar menyiksa panitia (maaf ya...hehehe)

"selamat datang di Surabaya mbak-mbak...sekarang jam menunjukkan pukul 12 malam..,"salah seorang panitia AIC menyeletukkan kalimat itu untuk mengajak kami bercanda.

"hahahaha...." panitia yang lain menyambut dengan tertawaan candaan tersebut

di lain pihak, aku dkk hanya bisa tersenyum karena kami sudah tidak memilki tenaga cukup untuk bercanda. kami pun tekpar di dalam mobil. anak-anak UNAIR ini dengan logat jowonya yang sangat kental bicara ngalor ngidul dengan panitia yang lain, sebelum menuju asrama tempat kami istirahat nanti mereka masih membawa kami mampir membeli sesuatu di warung pesenan teman mereka (eh...ternyata yang mau dibeli ga ada :D). tiba di asrama, kami disambut panitia lain yang berjaga di asrama, mereka sangat baik,,,(salut buat anak-anak UNAIR). mereka menunjukkan kamar kami yang ternyata digabung dengan para peserta dari universitas lainnya. badanku masih terasa bergoyang-goyang (efek kelamaan di kereta mungkin ya...). lalu aku putuskan untuk mandi.
setelah mandi, aku dan Ulfi tidak bisa langsung istirahat karena kami harus memperbaiki produk selai yang kami bawa dari bogor yang telah rusak di perjalanan. ulfi telah menghubungi temannya yang kuliah di ITS (kebetulan ITS n UNAIR deket) untuk menjemput dan mengantarkan kami membeli bahan-bahan. jam 02.00 kami pun naik motor dan memperbaiki produk kami. kiran-kira jam 03.30 kami kembali ke asrama untuk istirahat karena jam 07.00 pagi akan dimulai acara presentasi. kami pun berusaha mengefisienkan waktu untuk istirahat (sebenarnya ga cukup sih...badan masih goyang-goyang...). jam 06.00 panitia mengumpulkan kami untuk sarapan. kami sarapan bersama-sama dengan anak-anak dari Universitas lainnya, kalau tidak salah ada yang dari UNS, UGM, UNY, ITS, UNAIR, dll (lupa...he). meskipun kami baru saja bertemu kami langsung akrab, apalagi mereka selalu heran karena aku dan Dita kembar 

"kok mirip ya??? kembar ya mbak???" tanya salah satua anak dari UGM

"ia...kembar" jawabku

"hah????...." muka mereka melongo...(biasa aja kali,,,, huft)

selau begitu...orang yang melihat kami selalu merasa heran. padahal aku merasa tidak kembar lho...hehe. setelah makan kami pun melanjutkan acara. kronologinya bisa dilihat di gambar di bawah

  setelah sarapan,,,kami foto dulu sebelum presentasi.:D
Tim dari IPB berpose...hehehe
suasana ruangan sebelum presentasi



slide presentasi kami

suasana saat kami presentasi
 dan...alhamdulillah kami mendapatkan juara 3 (alhamdulillahirobbil alamin,,, :D)


foto bareng semua peserta AIC

foto bareng semua panitia AIC 2011 di depan "berhala" UNAIR (begitulah anak UNAIR menyebutnya)

alhamdulillah setelah perjuangan yang melelahkan (hehehe...lebbay) akhirnya kami bisa merasakan manisnya hasil itu... *nikmat tuhanmu yang mana lagikah yang kamu dustakan???







4 komentar:

  1. ga bisa ngebayangin gimana kalian bisa tidur nyenyak dalam suasana seperti itu, aku aja g bisa tidur, jangankan tidur, berniat untuk ngantuk pun g berani

    BalasHapus
  2. pengalaman yang amat sangat membekas dalam hidupku, satu pelajaran yang aku dapatkan, sesuatu yang banyak perjuangannya, akan berbuah manis pada akhirnya :D

    BalasHapus
  3. ia lah...kalo ngantuk mah,,,pasti bisa,,,
    sip...semua memang ada prosesnya :D

    BalasHapus
  4. saluttt..., waaww nice.., tidak mudah untuk tidak menyerah...!!

    BalasHapus